RSS

Fakta Unik Tentang Twitter

TWITTER 
 
Dalam dunia internet ekarang kelihatannya adalah masa keemasan dari situs-situs jejaring sosial. Fenomena Facebook yang sangat digemari (terutama di Indonesia) menjadikan sebagai suatu fenomena teknologi, social dan bisnis yang menarik. Selain Facebook, adalah Twitter yang juga mengalami kenaikan pamor diantara para pengguna internet.
Twitter sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai situs micro-blogging dari pada situs pertemanan/jejaring sosial. Melalui Twitter orang dapat saling berbagi pesan ataupun informasi dalam bentuk 140 karakter. Karena hanya memiliki 140 karakter terkadang Twitter suka disebut sebagai “sms internet”.

Twitter masuk ke dalam 50 situs yang paling sering dikunjungi . Didirikan pertama kali oleh Jack Dorsey, dari perusahaan podcasting Odeo. Idenya sebetulnya cukup sederhana, mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.

Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.


RETWEET

Satu lagi fitur yang baru-baru ini diberikan Twitter, yaitu fitur Retweet. Retweet merupakan istilah dalam mengulang tweet atau posting seseorang dalam akun Twitter kita. Fungsi Retweet sendiri sudah lama digunakan pada aplikasi-aplikasi Twitter buatan pihak ketiga yang biasa disingkat dengan sebutan RT.

Berbeda dengan tampilan Retweet dari aplikasi pihak ketiga yang susunannya “@namaanda RT @namatemanda isi tweet”, atau "isi pesan RT @namateman: @namaanda isi pesan" disini tweet yang Anda Retweet akan muncul di profil & halaman pengikut Anda tetap dengan identitas penulis aslinya dengan dilengkapi simbol Retweet yang berwarna abu-abu. Anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang melakukan Retweet terhadap tweet tersebut pada tulisan Retweeted by di bagian bawah isi tweet.

Istilah Twitter

Tweet :
Sebutan untuk setiap posting dalam Twitter. Isi tweet terbatas hingga 140 karakter saja.

Follow:
Akun Twitter yang Anda ikuti update tweet-nya. Untuk mengikuti tweet akun Twitter tertentu cukup klik tombol Follow pada saat Anda membuka halaman akun Twitternya.

Follower:
Akun Twitter yang mengikuti update tweet Anda. Untuk mengetahui siapa-siapa saja yang mengikuti tweet Anda, klik menu Followers yang ada di sebelah kanan atas halaman Twitter Anda.

Reply:
Membalas isi tweet orang lain. Jika ingin membalas isi tweet seseorang, klik tulisan reply dibawah isi tweet maka nama pemilik tweet yang Anda balas tersebut akan muncul di kolom posting Anda.

Mention (@):
Menyebut id twitter seseorang dalam isi posting, sering digunakan untuk me-reply. Untuk mengetahui siapa saja yang telah menyebut id twitter Anda, klik tulisan @idanda yang ada di sebelah kanan

Retweet (RT) :
Mengulang isi tweet orang lain. Fungsi ini sangat berguna untuk menyebarkan isi tweet orang lain yang menurut Anda menarik dan penting tanpa menghilangkan identitas si pemilik tweet. Beberapa orang menggunakan fungsi RT pada aplikasi pihak ketiga untuk membalas tweet, namun hal ini sebenarnya kurang pas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar